Can you even imagine what it is like to remember about everything?

Sinkhole di Jogja

No comments
Beberapa hari yang lalu, saya mbaca berita di salah satu koran di jogja sebut saja Kedaulatan Rakyat :p
Beritanya tentang sebuah telaga di Gunung Kidul yang tiba-tiba mengering. dan menyisakan sebuah lubang besar.  Berita lengkapnya disini

Secara kebetulan, saya cerita ke teman SMA saya yang masuk di jurusan Geologi eh- atau geografi yak? lupa. Diantara keduanya itu yang jelas. Dan berceritalah dia tentang apa yang terjadi di GunungKidul itu. Bagaimana cerita lengkapnya? ini dia.... jeng jeng..

Secara ilmiah, lubang yang terbentuk itu dinamakan sinkhole, orang jawa sering menyebutnya dengan luweng. Sinkhole atau luweng ini terjadi di daerah yang memiliki lapisan batuan kapur atau karst. Dimana, batuan kapur ini mudah terkikis oleh air jika dibandingkan dengan lapisan batuan yang lain.

Secara sederhana proses terjadinya sinkhole diawali dengan terkikisnya lapisan batuan gamping oleh air yang berada di bawah tanah. Pengikisan yang terjadi terus menerus ini lama kelamaan akan mengikis lapisan tanah yang ada di atasnya. Pengikisan ini aka menghasilkan rongga besar dan lapisan permukaaan tanah akan semakin tipis. Pada satu waktu, BLUNG! ambrol lah lapisan tanah yang paling atas dan meninggalkan lubang besar.

Jika mengingat bahwa sinkhole atau luweng ini terjadi dilapisan batu kapur, maka menjadi sangat wajar ketika di Gunungkidul terjadi fenomena alam ini. Lha wong Gunungkidul kan memang daerah kapur. Namun perlu di ingat bahwa pengikisan ini tidak terjadi serta merta, butuh waktu yang lama untuk bisa 'menghabiskan' lapisan batuan kapur yang ada.

Ini dia gambar yang terjadi di Gunungkidul, diambil dari koran yang sama.

Untuk mengetahui pemjelasan yang lebih ilmiah, bisa dibaca di blog ini. Dan untuk memudahkan kita untuk berimajinasi mengenai luweng ini, bisa di liat juga di sini

Begitulah, sinkhole ternyata tidak hanya di Guatemala saja, tapi juga disekitar kita :)



No comments :

Post a Comment

leave me some words :)