Can you even imagine what it is like to remember about everything?

Sendratari Ramayana 'Sinta Ilang'

No comments
Hari ini adalah sejarah. Ini kali pertama saya nonton pertunjukkan yang diadakan di kampus. Satu setengah tahun saya hidup di dunia seni dan bahasa baru pertama kali ini saya nonton pertunjukkan live. 

Well, rada missunderstand sebenarnya. Saya pikir pertunjukkan ini akan dibawakan oleh artis artis dari Sendratari Ramayana yang asli yang manggung di Prambanan-makanya saya semangat banget untuk nonton. Ternyata ini acara pelantikan anggota baru UKM Kamasetra.

 Ga masalah sih, toh tiketnya 'sukarela' dan kabarnya hasilnya bakal disalurkan untuk mereka yang mengabadikan kesenian di jalanan. Kalo pernah liat orang berkostum penari joget-joget dilampu merah, untuk merekalah uang itu. Saya pikir boleh juga ni Kamasetra. They take an action to show others that they care. Well done Kamasetra. Salut!

Begitu masuk stage Tari jam 19.30, kaget juga sih karena udah penuh! sampe bingung nyari tempat duduk. Saya dateng berempat, semuanya anak Kopma. Akhirnya saya dapet tempat di pojok paling belakang. Rada sebel juga sih sebenarnya. Di iklan ditulis acara dimulai jam 19.00, faktanya acara baru dimulai jam 20.00 dan yang lebih nyebelin lagi, pertunjukkan sendratarinya baru dimulai jam 21.00 an. Well, I dont know whether biasanya memang begitu atau karena memang acaranya yang molor. whatever it is, tetep aja rada annoying. 

Tapi sekali lagi kekesalan itu terobati dengan penampilan Kamasetra yang luar biasa bagus. Dan ternyata yang pentas ini adalah anggota baru Kamasetra yang baru dilantik. Salut lagi. They are really in to dance. Bener bener kayak ngliat penari-penari profesional lagi pentas. Ditambah lagi setting panggung yang juga-menurut saya-bagus. Simpel sih tapi Pas!

Apalagi MC nya itu lho. Temen sekelas saya. hahaha ga penting sih, tapi rasanya bangga juga punya temen yang berdiri di atas panggung yang di tonton sekitar 300an orang. Good job Cahyo!

Ini sinopsis ceritanya, diambil dari leaflet yang dibagiin waktu kita mau masuk ke ruangan pertunjukan :

 Cerita ini berawal dari sebuah sayembara di Kerajaan Mathili dan bagi siapa yang menjadi pemenangnya berhak memboyong Putri Kraton Manthili 'Dewi Sinta'. Sayembara ini dimenangkan oleh Prabu Ramawijaya dari kerajaan Ayodya. Dewi Sinta diboyong ke Ayodya. Diceritakan di pasewaan kerajaan Alengka Prabu Rahwana memimpin jalannya pasewakan, tiba-tiba datang adik perempuan Rahwana dengan menangis, melapor bahwa cintanya ditolak oleh Lesmana dan hidungnya dipancung.

Rahwana marah mengajak dan mengutus Kalamarica untuk balas dendam. Ramawijaya, Sinta, dan Lesmana mengasingkan diri di dalam huatan Dandaka, disana mereka digoda oleh Kidang Kencana yang merupakan jelmaan dari Kalamarica yang ditutus oleh Rahwana. Sinta tergoda pada kidang tersebut dan meminta Ramawijaya unutk menangkapnya. Rama berangkat untuk menangkap kidang.

Tetapi dari kejauhan terdengar suara teriakan Rama yang membuat Sinta mengutus Lesmana untuk melihatnya. Lesmana menolak karena Rama telah memintanya untuk menjaga Sinta. Sinta menuduh Lesmana jatuh cinta kepadanya kalau Lesmana sampai tidak mau menolong Rama. Dengan yakin Lesmana menjawab bahwa ia tidak mencintai Sinta dan tidak akan pernah jatuh cinta kepadanya. Lesmana membuktikannya dengan memotong kemaluannya dan menggunakan kusuran darahnya untuk merajah Sinta agar sinta terbebas dari kutukan apapun.

Dilain tempat, Rama sedang berusaha menangkap kidang ketika tiba-tiba Kidang itu berubah menjadi Kalamarica. terjadilah pertempuran yang dimenangkan oleh Rama. Rama yang kemudian menyadari bahwa Lesmana datang tampak kaget karena menghawatirkan isterinya. ketika mereka beruda kembali ketempat semula, Sinta sudah tidak ada karena diculik oleh Rahwana yang menyamar menjadi Brahmana.

Rahwana membawa Sinta ke Alengka namun diperjalanan mereka bertemu dengan burung yang gagah, dialah Jatayu. Jatayu menyambar Rahwana dan Menggendong sinta. Rahwana marah lalu terjadilah pertarungan antara Jatayu dan Rahwana, tetapi Jatayu kalah. Rahwana lalu kembali membawa Sinta ke Alengka.

Lesmana menghadang Rama yang hendak memanah Jatayu karena melihat perhiasan Sinta yang ada di tubuh Jatayu. Jatayu berkata bahwa Sinta dibawa ke Alengka. Rama dan Lesmana pun bergegas ke Alengka.

Di Alengka Rama dan Lesmana dibantu oleh kera putih bernama Hanoman. Rama mengutus Hanoman untuk memberikan cincin suci kepada Sinta sebagai tanda cintanya dan juga mengutus Hanoman untuk menguji kekuatan tentara Alengka. Hanoman dapat mengalahkan tentara Alengka, tetapi pada akhirnya dia tertangkap dan dia dibakar hidup-hidup. THE END

itu tadi jalan cerita lakon 'Sinta Ilang'. Sayangnya saya ga nonton sampe selese prtunjukkan yang spektakuler itu. Sedih. But I believe that I'll get another better chance hahaah

 Ini ada foto yang berhasil saya jepret dari kursi penonton paling belakang :D


Ini foto 80 anggota baru Kamasetra waktu mereka dilantik


Ini adegan paling pertama. 


Ini adegan apa lupa :")


Itu Sinta sama Rama nya. Agak blur haha


Yang ini Rahwana. Pemainnya cewek dan dia keren sekali narinya :)


Menyenangkan sekali berada di tempat where everybody seems have respect for their traditional culture. They have done something for Indonesia. Small thing? It is. But indeed it is really worth for better Indonesia. I've a great night. Congratulation anggota baru Kamasetra :)


No comments :

Post a Comment

leave me some words :)