Tentang Tiara

Can you even imagine what it is like to remember about everything?

Sendratari Ramayana 'Sinta Ilang'

No comments
Hari ini adalah sejarah. Ini kali pertama saya nonton pertunjukkan yang diadakan di kampus. Satu setengah tahun saya hidup di dunia seni dan bahasa baru pertama kali ini saya nonton pertunjukkan live. 

Well, rada missunderstand sebenarnya. Saya pikir pertunjukkan ini akan dibawakan oleh artis artis dari Sendratari Ramayana yang asli yang manggung di Prambanan-makanya saya semangat banget untuk nonton. Ternyata ini acara pelantikan anggota baru UKM Kamasetra.

 Ga masalah sih, toh tiketnya 'sukarela' dan kabarnya hasilnya bakal disalurkan untuk mereka yang mengabadikan kesenian di jalanan. Kalo pernah liat orang berkostum penari joget-joget dilampu merah, untuk merekalah uang itu. Saya pikir boleh juga ni Kamasetra. They take an action to show others that they care. Well done Kamasetra. Salut!

Begitu masuk stage Tari jam 19.30, kaget juga sih karena udah penuh! sampe bingung nyari tempat duduk. Saya dateng berempat, semuanya anak Kopma. Akhirnya saya dapet tempat di pojok paling belakang. Rada sebel juga sih sebenarnya. Di iklan ditulis acara dimulai jam 19.00, faktanya acara baru dimulai jam 20.00 dan yang lebih nyebelin lagi, pertunjukkan sendratarinya baru dimulai jam 21.00 an. Well, I dont know whether biasanya memang begitu atau karena memang acaranya yang molor. whatever it is, tetep aja rada annoying. 

Tapi sekali lagi kekesalan itu terobati dengan penampilan Kamasetra yang luar biasa bagus. Dan ternyata yang pentas ini adalah anggota baru Kamasetra yang baru dilantik. Salut lagi. They are really in to dance. Bener bener kayak ngliat penari-penari profesional lagi pentas. Ditambah lagi setting panggung yang juga-menurut saya-bagus. Simpel sih tapi Pas!

Apalagi MC nya itu lho. Temen sekelas saya. hahaha ga penting sih, tapi rasanya bangga juga punya temen yang berdiri di atas panggung yang di tonton sekitar 300an orang. Good job Cahyo!

Ini sinopsis ceritanya, diambil dari leaflet yang dibagiin waktu kita mau masuk ke ruangan pertunjukan :

 Cerita ini berawal dari sebuah sayembara di Kerajaan Mathili dan bagi siapa yang menjadi pemenangnya berhak memboyong Putri Kraton Manthili 'Dewi Sinta'. Sayembara ini dimenangkan oleh Prabu Ramawijaya dari kerajaan Ayodya. Dewi Sinta diboyong ke Ayodya. Diceritakan di pasewaan kerajaan Alengka Prabu Rahwana memimpin jalannya pasewakan, tiba-tiba datang adik perempuan Rahwana dengan menangis, melapor bahwa cintanya ditolak oleh Lesmana dan hidungnya dipancung.

Rahwana marah mengajak dan mengutus Kalamarica untuk balas dendam. Ramawijaya, Sinta, dan Lesmana mengasingkan diri di dalam huatan Dandaka, disana mereka digoda oleh Kidang Kencana yang merupakan jelmaan dari Kalamarica yang ditutus oleh Rahwana. Sinta tergoda pada kidang tersebut dan meminta Ramawijaya unutk menangkapnya. Rama berangkat untuk menangkap kidang.

Tetapi dari kejauhan terdengar suara teriakan Rama yang membuat Sinta mengutus Lesmana untuk melihatnya. Lesmana menolak karena Rama telah memintanya untuk menjaga Sinta. Sinta menuduh Lesmana jatuh cinta kepadanya kalau Lesmana sampai tidak mau menolong Rama. Dengan yakin Lesmana menjawab bahwa ia tidak mencintai Sinta dan tidak akan pernah jatuh cinta kepadanya. Lesmana membuktikannya dengan memotong kemaluannya dan menggunakan kusuran darahnya untuk merajah Sinta agar sinta terbebas dari kutukan apapun.

Dilain tempat, Rama sedang berusaha menangkap kidang ketika tiba-tiba Kidang itu berubah menjadi Kalamarica. terjadilah pertempuran yang dimenangkan oleh Rama. Rama yang kemudian menyadari bahwa Lesmana datang tampak kaget karena menghawatirkan isterinya. ketika mereka beruda kembali ketempat semula, Sinta sudah tidak ada karena diculik oleh Rahwana yang menyamar menjadi Brahmana.

Rahwana membawa Sinta ke Alengka namun diperjalanan mereka bertemu dengan burung yang gagah, dialah Jatayu. Jatayu menyambar Rahwana dan Menggendong sinta. Rahwana marah lalu terjadilah pertarungan antara Jatayu dan Rahwana, tetapi Jatayu kalah. Rahwana lalu kembali membawa Sinta ke Alengka.

Lesmana menghadang Rama yang hendak memanah Jatayu karena melihat perhiasan Sinta yang ada di tubuh Jatayu. Jatayu berkata bahwa Sinta dibawa ke Alengka. Rama dan Lesmana pun bergegas ke Alengka.

Di Alengka Rama dan Lesmana dibantu oleh kera putih bernama Hanoman. Rama mengutus Hanoman untuk memberikan cincin suci kepada Sinta sebagai tanda cintanya dan juga mengutus Hanoman untuk menguji kekuatan tentara Alengka. Hanoman dapat mengalahkan tentara Alengka, tetapi pada akhirnya dia tertangkap dan dia dibakar hidup-hidup. THE END

itu tadi jalan cerita lakon 'Sinta Ilang'. Sayangnya saya ga nonton sampe selese prtunjukkan yang spektakuler itu. Sedih. But I believe that I'll get another better chance hahaah

 Ini ada foto yang berhasil saya jepret dari kursi penonton paling belakang :D


Ini foto 80 anggota baru Kamasetra waktu mereka dilantik


Ini adegan paling pertama. 


Ini adegan apa lupa :")


Itu Sinta sama Rama nya. Agak blur haha


Yang ini Rahwana. Pemainnya cewek dan dia keren sekali narinya :)


Menyenangkan sekali berada di tempat where everybody seems have respect for their traditional culture. They have done something for Indonesia. Small thing? It is. But indeed it is really worth for better Indonesia. I've a great night. Congratulation anggota baru Kamasetra :)


No comments :

Post a Comment

leave me some words :)

Alhamdulillah, hari ini aku belajar banyak

No comments
Alhamdulillah, terimakasih Alloh
Hari ini aku belajar banyak
Jangan membenci seseorang meski dia membuat kita sakit hati
Benci saja kata-katanya,
Banyak alasan mengapa ia mengatakan sesuatu yang menyakitkan,
pahamilah..

Alhamdulillah, terimakasih Alloh
Hari ini aku belajar banyak
Ternyata memperjuangkan sesuatu yang kita sayangi itu sangat membahagiakan
Ternyata, ketika kita percaya bahwa kita mampu mempertahankan sesuatu yang kita sayangi,
lihatlah, seluruh semesta membantu
alhamdulillah...

Alhamdulillah, terimakasih Alloh
Hari ini aku belajar banyak
Bahwa kekalahan itu tidak selalu meyedihkan
Lihat bagaimana proses itu membuat kita bersatu
Membuat kita melupakan sejenak betapa kerasnya hidup yang harus kita jalani

Alhamdulillah, terimakasih Alloh
Hari ini aku belajar banyak
Bahwa menjadi seorang pemimpin itu tidak mudah
Banyak mulut membicarakan
Banyak mata mengawasi
Banyak hal yang harus diperhatikan
Banyak pekerjaan yang harus dilakukan
Terimakasih Mas Ketua Umum

Alhamdulillah, betapa aku belajar banyak hari ini :)


*setelah bersusah payah menahan tangis demi mempertahankan apa yang kami rencanakan di ETC. setelah merasa sangat sakit hati dengan perkataan yang membuat kami merasa apa yang kami perjuangkan hanya sia-sia belaka. Setelah memahami bahwa hari ini saya belajar banyak, maka aku tersenyum.

**ini tulisan tadi malam, maklum biasa tertidur. dan laptop menyala sampai pagi...

No comments :

Post a Comment

leave me some words :)

Our duty to Alloh

No comments



Mari bicara tentang kewajiban. yup, setiap orang punya kewajiban, setidaknya kewajiban terhadap Tuhan kita masing-masing. Dan sayangnya, kewajiban kita itu lebih banyak dari waktu yang kita punya. That is why Alloh menyuruh kita untuk saling tolong menolong, lebih dari itu, we have to devide mana kebutuhan yang mendesak tidak mendesak, penting tidak penting so that all of our duty could be done at the right time..

Terkadang memang gitu ya? kita salah menmpatkan kegiatan yang kita punya. Nonton drama korea entah mengapa bisa jadi kewajiban yang penting dan mendesak sementara kewajiban kita beribadah sama Alloh jadi penting dan tidak mendesak.

Well, as i ever getting through this kind of situation, sebenernya kita sadar to bahwa kewajiban kita sama Alloh itu adalah kewajiban-bahkan harusnya jadi kebutuhan- yang penting dan mendesak, tapi yang terjadi ya seperti itu tadi, kalah sama drama korea, sinetron, film, rapat, ngerjain tugas dan lain lain. A question come up, ini pengaruh setan atau karena diri kita saja yang terlalu bodoh untuk mengurutkan tingkat kepentingan dari hal-hal yang kita jalani? both i think...

Dua hal yang selalu terngiang di pikiranku adalah
        1. Surat Muhammad ayat 7 artinya kurang lebih begini "Wahai orang-orang yang beriman!Jika kamu
            menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu"
            Dan bertanyalah saya, menolong agama Alloh itu bagaimana? dan jawabannya, niatkanlah segala hal
            baik yang kau lakukan dengan niat ibadah. bener-bener tak teerbayangkan betapa indahnya hidup
            kita ketika pertolongan Alloh datang. Gampangnya, ditolong manusia aja seneng, apalagi ditolong
          sam Alloh??!

       2. Selesaikan dulu urusanmu dengan Alloh, maka Alloh akan menyelesaikan urusanmu
            kata-kata ini bener-bener manjur buat aku. Membayangkan bbagaimana Alloh akan menyelesaikan
            urusanku adalah hal yang sangat menyenangkan, maka cepat-cepat kuselesaikan urusanku dengan-
           Nya dulu.

Tapi aku yakinlah, evebody has their own duty despite his/her duty to Alloh. Dan untuk saya sendiri, saya yakin bisa menempatkan kewajiban-kewajiban saya yang lain di porsi yang tepat. Masalahnya adalah, manusia itu tempatnya lalai dan lupa-rada ngeles dikit hahaha-, dan itulah fungsinya saling mengingatkan. not only helping each other, but also remining each other..

the last, mari kita berdoa Alloh akan selalu membantu kita memilah kewajiban mana yang harus kita dahulukan. For me myself ini dia urutan nya

1. Allah
2. Orang Tua
3. Kuliah
4. Kopma
5. Temen
6. Fun stuff

No comments :

Post a Comment

leave me some words :)

orang orang proyek

No comments
Setelah menyelesaikan Orang0orang proyek nya Ahmad Tohari dan melihat kenyataan di sekitar. I started to think...

Aaa.. Jangan-jangan, bapak bapak yang mengerjakan proyek drainage di sepanjang jalan solo tepatnya di depan Ambarukmo Palaza itu, yang belum genap sebulan rampung tapi sudah ambrol, melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan Dalkijo-tokoh di orang orang proyek. Mereka, bapak-bapak itu, melakukan pekerjaan dengan mengacuhkan ilmu sipil atau apapun itu yang selama ini mereka pelajari hanya demi rupiah yang MUNGKIN bisa membahagiakan keluarga mereka. Oh, terkadang memang kebahagiaan keluarga jauh lebih penting dari kepentingan orang banyak.

Well, lagi-lagi ini hanya mungkin. Dan Mungkin juga ini adalah salah hujan yang datang dengan cepat dan tanpa henti. sehingga drainage yang baru seumur jagung itu belum pintar untuk beradaptasi dengan musim. Yah, pada akhirnya menyalahkan alam adalah sebuah pilihan terakhir, lagi-lagi ini hanya MUNGKIN. Berdoa saja supaya kemungkinan ini memang hanya kemungkinan dan tidak MUNGKIN menjadi kenyataan..

Untuk bapak Ahmad Tohari, I wonder why novel Anda bisa masih sangat relevan dengan apa yang terjadi sekarang? Apakah Anda seorang peramal? Kalau begitu, apa yang akan terjadi dengan Indonesia ketika saya berusia seperti Anda sekarang? Baiklah, seperti kata Ebit G Ade, mari bertanya pada rumput yang bergoyang...

No comments :

Post a Comment

leave me some words :)